Cara Gampang Menghindari Terbentuknya Kerikil Ginjal

CARA MUDAH MENGHINDARI TERBENTUKNYA BATU GINJAL

Bagaimana Cara Praktis Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal? Batu ginjal merupakan kepingan mineral padat yang terbentuk dari sisa kuliner yang dipisahkan ginjal dari urine. Kondisi ini sanggup dialami oleh siapa saja, namun kerikil ginjal umumnya muncul pada laki-laki dibandingkan wanita.


Kondisi ini menyebabkan rasa sakit luar biasa. Pada beberapa kasus, kerikil ginjal yang sudah ditangani sanggup muncul kembali sehingga dibutuhkan tindakan pencegahan untuk menghindarinya. Direktur endourology di University of Maryland, Dr Julio Davalos menjelaskan, supaya kerikil ginjal tak terbentuk ada cara sederhana yang sanggup dilakukan.

Berikut Cara Praktis Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal ibarat dilansir dari Fox News.

1. Kurangi konsumsi garam
Kurangi konsumsi kuliner tinggi garam. Pasalnya, garam sanggup menambah jumlah kalsium dalam urine dan bila dibiarkan, kalsium akan mengendap dan menjadi kerikil ginjal keras. Namun, bila seseorang pernah terkena kerikil ginjal, sebaiknya menjaga asupan garam di bawah 1.500 miligram sehari. Hal ini sanggup dilakukan dengan cara mengurangi konsumsi kuliner prosesan dan garam di kuliner rumah.

2. Perhatikan kalsium
Dr Davalos menyampaikan bukan berarti seseorang harus menghentikan masukan kalsiumnya. Mitos mengenai kerikil ginjal yaitu mereka yang pernah mengalami kerikil harus hindari kuliner ibarat susu, keju, dan es krim. "Menghentikan produk susu dari diet Anda justru mengarah ke kerikil yang lebih banyak dan potensi negatif kesehatan lainnya," papar Dr Davalos.

Demi kesehatan, usia bakir balig cukup akal disarankan untuk mengonsumsi 1.000 hingga 1.300 miligram kalsium per hari. Namun bagi pasien kerikil ginjal, dokter akan merendahkan asupan tersebut menjadi 800 miligram per hari.

3. Batasi protein
Banyak mengonsumsi kuliner tinggi protein ibarat daging sapi, ayam, dan telur sanggup meningkatkan asam urat dalam urine. Asam urat yang tinggi pada urine diketahui menyebabkan kerikil terbentuk. Selain itu, kuliner tinggi protein juga mengurangi kandungan sitrat badan yang berfungsi mencegah kerikil ginjal terbentuk.

Karena itu, untuk menghindari kerikil ginjal, sebaiknya batasi konsumsi daging menjadi 85 gram per porsi atau sebesar dek kartu remi. Pola makan ibarat ini diklaim Dr Davalos tak hanya menawarkan manfaat kerikil ginjal tapi juga jantung.


Demikian warta Cara Praktis Menghindari Terbentuknya Batu Ginjal, semoga bermanfaat




= Baca Juga =



Belum ada Komentar untuk "Cara Gampang Menghindari Terbentuknya Kerikil Ginjal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel