Cara Memperbaiki Dilema Pengapian Pada Motor Vespa
Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa memiliki tentangan berat skuter Lambretta, kini otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak memiliki tentangan lagi. Pasar sepeda motor Indonesia yang unik tidak memperlihatkan kesempatan kepada Vespa untuk menjadi besar. Merek yang diedarkan oleh PT Dan Motor Indonesia ini memiliki penggemar fanatik, dan klub-klub penggemar Vespa (terutama Vespa klasik) menjamur diberbagai kota di Indonesia, Juga sering disebut Piaggio Kodok sebab mirip VW Kodok.dan vespa menjadi salah satu alat transportasi yang modern hingga ketika ini. Vespa juga termasuk alat transportasi yang ekonomis, sebab harganya yang relatif murah tetapi tetap berkualitas.
Bagaimana Pengapian pada Vespa? Yu simak klarifikasi terkait Pengapian pada Vespa. engapian pada Vespa juga berdampak pada laju motor bahkan bisa-bisa motor gak dapat hidup lho, susah starter motor, hambatan pengapian biasanya berada pada stelan platina yang gak bener, dapat juga salah satu perangkat pengapian menyerupai busi, koil, platina, kondensor, spul pengapian ada yang sudah gak layak pakai atau mati.
Bagaimana Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, berikut ini penjelasannya
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA |
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 2) |
Cara kedua Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Koil. Koil yang layak pakai jikalau kita konsletkan kabel busi dengan jarak ke mesin kira-kira 5-8 mm masih ada letupan api berwarna biru, kalau percikan atau letupan api tidak berwarana biru, tapi berwarna merah, ini berarti stelan platina tidak benar atau koilnya yang memang sudah lemah, letupan api dari koil dipengaruhi pribadi oleh stelan platina.
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 3) |
Cara ketiga Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa periksa Platina. Penyetelan platina yang benar, jarak renggangan antara konektor minus dan plus kira-kira 0,5mm memakai obeng min, perlu di ingat bahwa penyetelannya jangan di ketok sebab ini akan mepersingkat umur pakai platina sebab antara konektor tidak lurus atau bengkok. Loncatan yang terjadi pada platina juga berkaitan dengan kondisi kondensator.
CARA MEMPERBAIKI MASALAH PENGAPIAN PADA VESPA (gr 4) |
Cara keempat Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa Periksa Kondensator. Pemeriksaan kondensator amatlah gampang apabila terjadi letupan api di platina, ini dikarenakan kondensator sudah tidak layak pakai, ganti kondensor atau ada cara lain yaitu cangkok kondensor dengan kondensor lain atau sistem kondensator di double dengan ukuran kondensor yang sama yaitu 2 farad.
Cara kelima atau terakhir Memperbaiki Masalah Pengapian Pada Vespa dengan melakukan cek spul pengapian [ gambar di atas kondensor ], masih layak pakai atau harus ganti yang baru, tanda spul pengapian rusak, biasanya kumparan spul lecet, gulungan spul kendur, spul putus. Apabila semuanya stabil maka wajib mengusut nap pur atau ketepatan pengapian tapi sebelumnya lihat dulu kondisi spi magnet patah atau tidak, lihat juga kondisi rotor, masih anggun atau tidak, ukuran nap pur mestinya 21 derajat sebelum titik mati poros atau kondisi pala seher di atas.
Demikian gosip Cara Memperbaiki Masalah Pengapian Pada motor Vespa, Semoga bermanfaat bagi vesva mania.
Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki Dilema Pengapian Pada Motor Vespa"
Posting Komentar