Cara Menentukan Jurusan Kuliah

Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah

Bingung menentukan jurusan kuliah ? ayo baca Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah berikut ini. Sebelum membahas Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah. Ayo kenali dulu jurusan ketika kau berguru di Sekolah Menengan Atas dan harapan pekerjaan yang ideal. Setidaknya ada 4 jurusan yang dikembangkan di Sekolah Menengan Atas yakni Jurusan IPA/MIA (Matematika dan Ilmu Alam), Jurusan IPS/IIS (Ilmu-ilmu Sosial), Jurusan IPB (Bahasa) dan Jurusan IAI/IPK (Ilmu Agama Islam)


Bagi kamu-kamu yang kini lagi berguru di Sekolah Menengan Atas jurusan (Program) IPA sesungguhnya harapan pekerjaan yang ideal untuk kamu-kamu yang jurusan IPA antara lain bisa menjadi dokter, perawat, peniliti di bidang sains, laboran, apoteker, dll. Untuk kamu-kamu yang berguru di  Jurusan IPS/IIS (Ilmu-ilmu Sosial) , harapan pekerjaaan yang ideal antara lain  bisa menjadi akuntan, bekerja di perbankan, mahir sejarah, arkeolog, dll. Untuk kamu-kamu yang berguru di Sekolah Menengan Atas jurusan  Jurusan IPB (Bahasa), harapan pekerjaan yang ideal untuk diraih ialah bisa mahir bahasa, menjadi translater, guide, dll. Untuk kamu-kamu yang di Sekolah Menengan Atas sedang belajat  Jurusan IAI/IPK (Ilmu Agama Islam), harapan pekerjaan yang ideal bisa menjadi menjadi ustad atau ustazah, guru agama, dll.

Tapi harus diingat juga jurusan di Sekolah Menengan Atas sesungguhnya belum mencerminkan profesi, alasannya buka pendidikan profesi. Melainkan gres pada tahap mengarahkan minat kamu. Bukan mustahil ada diantara kau yang salah menentukan jurusan di SMA, alasannya ada yang merasa terpaksa alasannya orang tua, ada yang ikutan-ikutan pacar, dsb. Tentunya kamu-kamu bisa berbelok arah pada ketika pemilihan jurusan kuliah dengan menentukan jurusan yang kau senangi dan kau minati. Yang perlu diingat justru pemilihan jurusan kuliah akan kuat pada pencapaian harapan kamu. Jika kuliah sesuai dengan minat kau selain terbuka kemungkinan meraih profesi yang diidam-idamkan, setidaknya kau akan bisa menerapkan secara berdikari pengetahuan dan keterampilan dalam kehidupan sehari-hari.

Bagaimana menentukan jurusan di Perguruan Tinggi? Ayo kita baca Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah. Bisa jadi tips ini sanggup membantu kamu-kamu yang sedang resah dalam menentukan jurusan kuliah. Emang bisanya banyak tuh orang IPS yang resah pilih jurusan kuliah IPS, eh ternyata yang jurusan IPA juga banyak resah cari jurusan kuliah yang menjamin masa depan. Memang mestinya kamu-kamu harus ikut tes psikologi untuk menentukan jurusan kuliah atau setidaknya baca juga tuh rujukan tips cara menentukan jurusan kuliah sesuai potensi/bakat. Berikut beberapa Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah

Pertama, Kenali Minat dan Bakat kamu!

Minat dan bakat bersama-sama ialah dua hal yang berbeda, namun keduanya mempunyai keterkaitan. Minat diartikan sebagai ketertarikan seseorang terhadap sesuatu, yang dipengaruhi oleh situasi. Sedangkan bakat ialah kemampuan seseorang yang cenderung menetap dari waktu ke waktu.

Minat itu mirip biji yang akan tumbuh menjadi sebuah pohon besar. Pohon yang besar tersebut ialah bakat. Seseorang bisa saja mempunyai banyak bakat atau multi bakat atau bahkan hanya mempunyai bakat tertentu saja yang menonjol dari diri kawan-kawan. Jadi, cari tahu apa yang menjadi minat kau dan lihat di jurusan mana yang cocok buat menyebarkan minat kau itu. Misalnya, kalau kau punya minat di eksak dan jago di hitungan, maka pilihlah IPA. Jika kau punya minat pada game dan terobsesi untuk menjadi gamer yang hebat pilih programmer game, animasi dan lainnya. Begitu pula bila kau punya minat di hal-hal yang berbau sosial, mirip ekonomi dan politik, dan kau juga hebat dalam berdebat, berorasi atau berbahasa, atau kau kurang minat dalam menghitung dan menghapal rumus-rumus  maka jurusan IPS ialah jurusan yang lebih sempurna sesuai minat kamu.


Baca Soal Latihan UN (UNBK) dan Ujian Sekolah Sekolah Menengan Atas (disini)


Kedua,  kenali Rencana Karir di Masa Depan

Apa rencana karir di masa depan. Kaprikornus bila kau ingin mengetahui rencana karir di masa depan maka kau harus bisa membayangkan diri di masa mendatang, 5 hingga 10 tahun ke depan. Jika masih resah membuat rencana karir di masa depan, coba ikuti cara berikut ini: 1) Tanyakan kepada diri apa yang Anda inginkan di masa mendatang. 2) Bayangkan akan menjadi apa diri Anda beberapa tahun ke depan. 3) Jika masih susah membayangkan hingga 5 tahun atau 10 tahun, mulailah dengan membuat rencana karir 2 hingga 3 tahun.

Rencana Kuliah akan sangat bekerjasama dengan pilihan karir kau di masa depan. Jadi, sebelum membuat rencana kuliah, kau harus punya rencana pengembangan karir impian kau di masa depan. Misalnya, kau bercita-cita untuk menjadi seorang dokter, maka untuk mewujudkan itu kau harus masuk jurusan Ilmu Kedokteran di Perguruan Tinggi.


Ketiga, diskusikan dengan Orang Tua
Sangat penting bagi kau untuk mendiskusikannya dengan orang renta atau keluarga, Karena mereka juga punya pendapat perihal apa yang terbaik untuk anaknya. Diskusikan dengan orang renta kau dengan baik-baik perihal pemilihan jurusan dan minta pendapatnya. Moga-moga jurusan yang kami pilih sama dengan apa yang dikehendaki orang tua.

Jika pendapat orang renta tidak sesuai dengan minat kamu, sesunngguhnya pilihan ada pada diri kau sendiri.  Ketika jurusan yang akan kita ambil bertentangan dengan keinginan orang tua, yakinkan mereka bahwa kita mempunyai motivasi yang kuat dan akan bertanggung jawab atas jurusan yang kita pilih, dan akan berusaha sungguh-sungguh menyelesaikannya. Jangan lupa diskusikan apa yang menjadi cita-citamu di masa depan. Niscaya, orang tuamu akan mendukung sepenuhnya apapun yang menjadi keputusanmu. Yakinlah itu ialah jurusan yang kau ambil sesuai dengan apa yang kau sukai, jangan hingga terpaksa, alasannya ketika kau terpaksa menjalankannya, pelajaran semudah apapun, akan menjadi sukar kau lewati ketika menjalani masa kuliah. Banyak-banyak melaksanakan riset mengenai jurusan yang akan kau pilih, mirip apa saja yang akan dipelajari, peluang mencari pekerjaan atau membuat lapangan pekerjaan sehabis lulus, hal ini akan semakin meyakinkan dirimu untuk benar-benar menentukan jurusan tersebut.

Baca Soal Latihan UN (UNBK) dan Ujian Sekolah Sekolah Menengah kejuruan (disini)

Demikian warta perihal Tips Cara Memilih Jurusan Kuliah. Tips singkat yang hanya berisi 3 point dirasa cukup alasannya terlalu banyak bisa bikin kamu-kamu tambah bingun pilih jurusan kuliah. Moga-moga bermanfaat. 

Sumber: 






Belum ada Komentar untuk "Cara Menentukan Jurusan Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel