Download Soal Cpns 2018 Dan Pembahasan [Aplikasi Dan Manual]

Pengumuman resmi tentang rekrutmen CPNS gres tahun 2018 tengah menjadi perbincangan hangat disemua kalangan masyarakat.
Banyak yang masih bertanya-tanya, berapa deretan CPNS 2018? bagaimana cara daftar CPNS 2018?, atau apa saja persyaratan yang harus disiapkan?

Wajar saja pertanyaan-pertanyaan menyerupai itu banyak muncul, alasannya yakni minat masyarakat untuk ikut mencoba peruntungan dalam kompetisi seleksi CPNS sangat tinggi.

Masyarakat secara umum masih memandang bahwa status Pegawai Negeri Sipil (PNS) merupakan pekerjaan yang sangat menjanjikan.

 tengah menjadi perbincangan hangat disemua kalangan masyarakat Download Soal CPNS 2018 dan Pembahasan [Aplikasi dan Manual]
Download soal latihan CPNS 2018

Meskipun registrasi CPNS 2018 secara resmi akan dimulai pada tanggal 19 september nanti, namun sudah bisa kami dipastikan bahwa rekrutmen CPNS 2018 memang akan dilaksnakan. Alasannya, sudah terbit Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi nomor 36 Tahun 2018 perihal Kriteria Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil dan Pelaksanaan Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.


Dalam Peraturan Menteri tersebut telah dituangkan bahwa pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan seleksi CPNS gres dengan total deretan sebanyak 238.015 orang, dengan rincian :

  • Instansi Pusat sebanyak 51.271 orang
  • Instansi Daerah atau Pemerintah Daerah sebanyak 186.744 orang

Jika Anda belum mengetahui rincian jumlah Formasi CPNS 2018, baik di semua Instansi sentra maupun diseluruh Provinsi/ Kabupaten/Kota, Anda sanggup memeriksanya pada artikel berikut:




Selain itu, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi juga telah mengeluarkan PermenpanRb Nomor 37 Tahun 2018 perihal Nilai Ambang Batas Seleksi Kompetensi Dasar Pengadaan Calon Pegawai Negeri Sipil Tahun 2018.


Dalam PermenpanRb ini, telah diatur tolak ukur atau ambang batas nilai/ Passing Grade sebagai kreiteria kelulusan dalam seleksi CPNS 2018.

Menariknya, selain memutuskan Passing Grade untuk rekrutmen CPNS dari Formasi Umum, telah ditetapkan juga standar Passing Grade tersendiri untuk seleksi CPNS Formasi Khusus. Adapun yang termasuk dalam CPNS Formasi Khusus yakni Lulusan Camlaude Universitas, Penyandang Disabilitas, Putra/Putri Papua dan Papua Barat, Honorer K2, dan atlit-atlit berprestasi Imternasional.

Untuk lebih jelasnya, ketentuan terkait Passing Grade seleksi CPNS 2018 telah kami tulis dalam artikel tersendiri. Untuk  membacanya, Anda sanggup melihat link berikut ini.


Kisi-Kisi Soal CPNS 2018

Sebelum berlatih mengerjakan soal-soal Latihan tes CPNS yang akan kami bagikan, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu kisi-kisi soal CPNS 2018.



Berdasarkan ketentuan dalam PermenpanRb No. 36 Tahun 2018, ujian seleksi CPNS disebut dengan Tes Kompetensi Dasar atau disngkat TKD. Adapun bahan seleksi Kompetensi Dasar (TKD) CPNS 2018 mencakup Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelegensia Umum, dan Tes Karakteristik Pribadi. Berikut penjelasannya:

Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan :

  1. Nasionalisime
  2. Integritas
  3. Bela Negara
  4. Pilar Negara
  5. Bahasa Indonesia
  6. Pancasila
  7. UUD 1945
  8. Bhineka Tungga Ika
  9. Negara Kesatuan Republik Indonesia, mencakup sistem tata negara Indonesia, sejarah usaha bangsa, peranan bangsa Indonesia dalam tatanan regional dan global, serta kemampuan berbahasa Indonesia yang baik dan benar.


Tes Intelegensia Umu (TIU), dimaksudkan untuk menilai :

  1. Kemampuan Verbal yaitu kemampuan memberikan isu secara verbal maupun tulisan.
  2. Kemampuan Numerik yaitu kemampuan melaksanakan operasi perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka, misal soal-soal deret angka.
  3. Kemampuan Figural, yaitu kemampuan yang bekerjasama dengan kegesitan mental sesorang dalam menganalisa gambar, simbol, dan diagram.
  4. Kemampuan berpikir logis, yaitu kemampuan melaksanakan analisi nalar secara runtut dan sistematis.
  5. Kemampuan berpikir analistis, yaitu kemampuan mengurai suatu dilema secara sistematik.



Tes Karakteristik Pribadi (TKP), untuk menilai:
  1. Pelayanan Publik.
  2. Sosial Budaya.
  3. Teknologi Informasi dan Komunikasi.
  4. Profesionalisme.
  5. Jejaring Kerja.
  6. Integritas Diri.
  7. Semangat berprestasi.
  8. Kreativitas dan Inovasi.
  9. Orientasi pada Pelayanan.
  10. Orientasi kepada orang lain.
  11. Kemampuan beradatasi.
  12. Kemampuan mengendalikan diri.
  13. Kemampuan bekerja berdikari dan tuntas.
  14. Kemampuan bekerja sama dalam kelompok.
  15. Kemauan dan kemapuan mencar ilmu berkelanjutan.
  16. Kemampuan menggerakan atau mengkoordinir orang lain. 

Untuk jenis soal Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) dan Tes Intelegensia Umum (TIU), Anda harus sering membaca dan berlatih soal sebanyak-banyaknya. Sedangkan untuk Tes Karakteristik Pribadi, Anda hanya perlu jujur kepada diri sendiri dikala menjawab soal, alasannya yakni tidak ada tanggapan salah atau benar. Yang ada hanya perbedaan jumlah poin untuk masing-masing pilihan jawaban.

Download Latihan Soal CPNS 2018


Sebelum download, Kami sarankan biar anda membaca artikel berikut ini biar mengerti cara mendownload soal dan tidak tersesat.


Download Soal Latihan CAT CPNS 2018

Penting: untuk menjalankan latihan soal berbentuk aplikasi, Anda harus memastikan komputer atau laptop sudah terinstal Adobe Flash Player.






Latihan Soal Tes CPNS 2018 TKP
  • Latihan Soal CPNS 2018 TKP Bag. 1
  • Latihan Soal CPNS 2018 TKP Bag. 2
  • Latihan Soal CPNS 2018 TKP Bag. 3





Belum ada Komentar untuk "Download Soal Cpns 2018 Dan Pembahasan [Aplikasi Dan Manual]"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel