Bimbingan Lengkap Cara Ternak Belibis Petelur Bagi Pemula Biar Berhasil

Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula Agar Sukses – Bebek atau Itik ialah salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek memiliki badan yang berlekuk dan lebar, mempunyai leher yang cukup panjang, mempunyai bentuk badan yang beraneka ragam tetapi lazimnya membulat. Paruh bebek lebar dan terdapat lamelae yang yang berkhasiat sebagai penyaring makanan.


Klasifikasi ilmiah belibis

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Subfamilia:

Dendrocygninae

Oxyurinae

Anatinae

Merginae


Bebek dapat diternakkan sebagai angsa petelur untuk menciptakan telur dan angsa pedaging untuk menghasilkan daging. Nah kali ini kita akan membicarakan perihal cara ternak angsa petelur, berikut selengkapnya:


Cara Beternak Bebek Petelur


Persiapan Kandang Ternak Bebek Petelur


Siapkan kandang bertipe tertutup sedikit terbuka biar sirkulasi udara dan angin tidak masuk secara pribadi ke sangkar melainkan terfilter, kandang tersebut mampu yang dibuat dari kayu, besi, maupun kawat. Ruang sangkar angsa petelur dibuat tidak terlalu sempit atau idealnya 1 m persegi untuk ditempati 2 ekor belibis. Tinggi kandang belibis petelur mampu disesuaikan dengan tinggi tubuh peternak atau sedikit lebih tinggi, sehingga akan membuat lebih mudah dalam melaksanakan pemeliharaan mulai dari santunan pakan, minum, membersihkan kandang dan juga memanen telur. Tinggi ideal sangkar yaitu berkisar antara 2,5-3 M. Setelah sangkar siap, siapkan peralatan pakan dan minum bagi bebek petelur.


Untuk mempermudah dalam memantau dan memelihara, penerangan yang cukup juga dapat menciptakan nyaman bebek juga dapat memperbesar kehangatan ruang dikala malam hari. Suhu kandang belibis yang baik mampu berkisaran antara 27-30 derajat celsius.


Pemilihan Bibit Bebek Petelur yang Unggul


Ada banyak jenis bebek petelur diantaranya adalah angsa petelur tegal, belibis petelur alabio, bebek petelur khaki campbell, angsa petelur bali, belibis petelur mojosari, belibis petelur CV 2000-INA dan lain sebagainya.


Bibit angsa petelur tersebut mampu diperoleh dengan cara membeli telur tetas dari indukan angsa yang telah terjamin keunggulannya; memelihara indukan jantan dan betina unggul untuk menerima telur tetas kemudian menetaskan telur tersebut pada ayam, mentok atau mesin tetas; atau mampu juga dengan berbelanja Day Old Duck (DOC) dari pembibitan yang bermutu baik dan mendapat rekomendasi dari dinas peternakan lokal.


Pemberian Pakan Bebek Petelur


Pakan angsa dengan kandungan protein tinggi dapat ditemukan pada pakan/kosentrat yang telah banyak dijual dalam bentuk pelet. Selain pelet, belibis petelur dapat diberi pakan berupa keong, ikan rucah, limbah pemotongan ayam (kulit ayam, usus dan yang lain), kodok, kepiting, cacing dan binatang kecil lain, serta kacang-kacangan (bungkil kedelai dan  jagung).


Demikian postingan pembahasan ihwal “Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Petelur Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga berfaedah dan jangan lupa ikuti artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa




Belum ada Komentar untuk "Bimbingan Lengkap Cara Ternak Belibis Petelur Bagi Pemula Biar Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel