Cara Menanam Microgreens Di Rumah Bagi Pemula Semoga Sukses

Cara Menanam Microgreens di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses – Trend microgreens selaku kuliner sehat dan bergizi tinggi menimbulkan acara menanam microgreens banyak dijadikan sebagai kegemaran bahkan menjadi potensi bisnis baru. Menanam sayuran atau flora dengan metode microgreen ini mudah dipelajari, sayuran yang dihasilkan akan memiliki kandungan gizi yang lebih banyak dibandingkan sayuran yang ditanam dengan sistem tanam lazimdan juga usia panennya yang singkat merupakan beberapa keunggulan dari budidaya microgreens ini, tidak aneh kalau sistem microgreen ini banyak digunakan bagi mereka yang memang ingin menerima gizi optimal dari sayuran yang mereka konsumsi. Namun, menanam microgreens mempunyai kelemahan yakni kesannya cuma bisa dipanen sekali dan tidak bisatumbuh kembali.


Harga microgreens di pasaran bisa meraih Rp. 850-2000 per gramnya. Untuk itu, budidaya microgreens mampu menjadi suatu prospek bisnis yang menguntungkan. Cara menanam microgreens sangat simpel dan efisien baik dari segi waktu, ruang dan tenaga. Menanam microgreens ini mampu dikerjakan di dalam rumah atau ruangan yang ternaungi baik dalam skala kecil maupun besar.


Cara Menanam Microgreens di Rumah Bagi Pemula


Persiapan Alat dan Bahan Menanam Microgreens


Adapun alat dan materi yang perlu disiapkan dalam menanam microgreen ini diantaranya yaitu:



  • Benih microgreens (usahakan organik dan bebas pestisida).

  • Media tanam yang steril, bisa berupa tanah, perlite, vermiculite, cocopeat, rockwool, atau media tanam adonan yang mampu dibeli di toko pertanian.

  • Wadah untuk menanam microgreens, mampu berupa kotak container khusus menanam microgreens atau mampu memakai baki plastik, tray, dan sejenisnya.

  • Botol sprayer.

  • Kertas label.


Langkah-Langkah Menanam Microgreens


1. Pertama, siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan.


2. Jika hendak menanam benih-benih yang berskala besar (ryegrass, kacang hijau, bunga matahari dan lain sebagainya), semestinya benih direndam terlebih dahulu di dalam air hangat semalaman. Sedangkan benih-benih yang berskala kecil tidak butuhdirendam apalagi dahulu.


3. Apabila wadah yang dipakai berlubang-lubang dan media tanam remah, maka permukaan wadah tersebut harus dialasi dahulu dengan kain bersih.


4. Selanjutnya, isi tray dengan media tanam dengan ketinggian 2-3 cm. Semprot media tanam dengan air memakai botol sprayer hingga dirasa cukup lembab, kemudian ratakan media tanam di seluruh permukaan tray supaya ketinggiannya sama.


5. Jika telah selesai, sebarkan benih secara merata pada media tanam tetapi amati jenis sayuran yang ditanam alasannya adalah akan memilih kepadatan microgreens nantinya. Kemudiann, beri label terdiri dari nama benih dan tanggal semai pada tray.


6. Setelah itu, semprotkan air pada media secara perlahan agar tidak terlalu berair/becek. Kemudian, letakkan tray yang telah ditanam benih di area sedikit cahaya matahari, jangan ditaruh langsung di bawah matahari. Untuk 2-3 hari pertama, tray semai ditutup menggunakan kain untuk mempercepat perkecambahan.


7. Lakukan penyemprotan media dan benih pada wadah secara terstruktur sebanyak 2-3 kali tiap hari untuk menjaga kelembapan media. Setelah 2-3 hari, kain penutup tray semai mampu dibuka dan semprot secara terencana agar benih bisa tumbuh dengan baik.


Tips: Bisa juga tambahkan larutan rumput maritim ke dalam botol air untuk disemprotkan ke kecambah saban hari untuk memperkaya cita rasa dan kandungan gizi microgreens. Jika memakai media tanam hidroponik, larutkan nutrisi khusus hidroponik atau AB mix pada air yang dipakai untuk menyemprot tanaman.


8. Jika microgreens telah berkecambah sarat , semai mampu dipindahkan ke area yang terkena matahari namun tetap ternaungi dan cukup teduh.


9. Lakukan perawatan pada microgreens saban hari dengan rutin menyemprot microgreens hingga berkembang mencapai ketinggian 3-10 cm, tergantung jenis microgreens yang disemai. Karena tumbuhan microgreens yang terawat dengan baik mampu mulai dipanen sesudah 2-4 ahad, tergantung jenis dan lingkungan kawasan berkembang. Panen microgreens dikerjakan dengan memakai gunting yang bersih dan tajam, gunting microgreens dari pangkal dekat media tanam, lalu microgreens mampu ditampung pada wadah yang higienis.


10. Hasil panen microgreens tersebut lalu bisa dicuci memakai air bersih dan ditiriskan. Selanjutnya, microgreens siap dikonsumsi maupun diolah menjadi masakan.


Demikian postingan pembahasan tentang “Cara Menanam Microgreens di Rumah Bagi Pemula Agar Sukses“, semoga bermanfaat dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai Jumpa



Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Microgreens Di Rumah Bagi Pemula Semoga Sukses"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel