Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging Atau Belibis Potong Bagi Pemula Semoga Berhasil

Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses – Bebek atau Itik yakni salah salah satu nama spesies burung yang ada dalam famili Anatidae. Bebek memiliki tubuh yang berlekuk dan lebar, memiliki leher yang cukup panjang, mempunyai bentuk badan yang beragam tapi biasanya membulat. Paruh belibis lebar dan terdapat lamelae yang yang berkhasiat sebagai penyaring masakan.


Klasifikasi ilmiah bebek

Kingdom: Animalia

Filum: Chordata

Kelas: Aves

Ordo: Anseriformes

Famili: Anatidae

Subfamilia:

Dendrocygninae

Oxyurinae

Anatinae

Merginae


Bebek dapat diternakan selaku belibis petelur untuk menghasilkan telur dan bebek pedaging untuk menciptakan daging. Nah kali ini kita akan membahas ihwal cara ternak belibis pedaging, berikut selengkapnya:


Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula


Persiapan Kandang Ternak Bebek Pedaging


Lokasi yang akan dipakai untuk ternak bebek pedaging ini diusahakan jauh dari kegaduhan, sejuk, akrab dengan sumber air dan pakan dan mudah dilewati alat transportasi.


Ada 3 jenis kandang yang perlu disiapkan yaitu pertama, kandang berupa box khusus berskala 1-2 meter untuk anak itik, dengan ukuran tersebut mampu memuat sebanyak 50 ekor anakan itik. Kedua, jenis kandang browser yang dipakai untuk daerah memelihara angsa akil balig cukup akal, jenis sangkar ini dapat menampung sampai 16-100 ekor belibis akil balig cukup akal. Ketiga, jenis sangkar layar yang dipakai untuk memelihara belibis pedaging cukup umur, dimana jenis kandang ini mampu memuat 4-5 ekor angsa akil balig cukup akal.


Bebek memerlukan ruang gerak yang cukup besar, sebab belibis mudah stres dengan kandang yang sempit, setidaknya ada ruang agar angsa mampu berlari. 1 meter persegi berisi 2 ekor bebek, jadi untuk 100 ekor bebek pedaging kandang mampu dibentuk 50 meter persegi dengan tinggi kandang sekurang-kurangnya2 meter, semoga sirkulasi udara cukup dan tidak sulit untuk membersihkan sangkar.


Kandang tersebut harus dibentuk tenteram dan kokoh. Kandang tersebut dapat dibuat dari materi bambu, dinding kandang bisa dibentuk dari kayu, sedangkan atapnya memakai genteng atau asbes. Kandang bebek membujur dengan arah timur-barat untuk menghalangi masuknya sinar matahari sehari penuh yang mau menyebabkan suhu sangkar menjadi panas. Selain itu, biar sangkar tidak lembab maka bagian bawah kandang diberi ganjal berupa jerami.


Pemilihan Bibit Bebek Pedaging yang Baik


Ciri-ciri DOD belibis pedaging yang baik diantaranya adalah memiliki bulu bersih, anggun dan kering;

mempunyai mata jernih, kedua matanya terbuka dan tidak buta; mempunyai gerakan yang lincah; mempunyai kaki kuat dan tidak pincang; memiliki bobot sekurang-kurangnya40 gram, tubuh tegap, nafsu makan besar dan bebas dari penyakit.


Memilih DOD berjenis kelamin jantan karena laju pertumbuhannya lebih singkat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan yakni mempunyai paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran tubuh lebih besar, suaranya lebih serak (parau), memiliki leher yang lebih pendek, dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.


Selain itu, diusulkan untuk memilih DOD berjenis kelamin jantan sebab laju pertumbuhannya lebih cepat dibandingkan betina. Ciri-ciri DOD jantan ialah memiliki paruh lebih mengkilap dibandingkan paruh DOD betina, ukuran tubuh lebih besar, suaranya lebih serak (parau), memiliki leher yang lebih pendek dan ekornya lebih naik dibandingkan DOD betina.


Pemberian Pakan Bebek Pedaging


Bebek pedaging yang berumur 0-16 hari diberi pakan dalam wadah biar belibis gampang memakannya. Setelah berumur 16-21, belibis mampu diberi pakan dengan memakai wadah dan juga di sebar dilantai kandang. Jika sudah berumur 21 hari sampai 18 ahad maka pemberian pakan dapat dijalankan dengan menyebarkannya di lantai sangkar. Selain pakan berikan juga vitamin seperti tepung ikan atau jagung.


Pemeliharaan Bebek Pedaging


Agar bebek terhindar dari hama dan penyakit, maka perlu memperhatikan kebersihan dan sanitasi kandang belibis. Selain itu lakukan pula vaksinasi.


Demikian postingan pembahasan wacana”Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging atau Bebek Potong Bagi Pemula Agar Sukses“, biar berguna dan jangan lupa ikuti artikel kami berikutnya. Sampai jumpa



Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Cara Ternak Bebek Pedaging Atau Belibis Potong Bagi Pemula Semoga Berhasil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel