Cara Menanam Cabe Hidroponik Metode Fertigasi Bagi Pemula Biar Cepat Berbuah

Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Fertigasi Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah – Sistem fertigasi ialah suatu metode pemberian pupuk melalui sistem irigasi tetes. Dalam tata cara ini cairan pupuk akan didistribusikan ke dalam lalu tanam melalui metode irigasi. Ketersedian nutrisi yang tinggi dalam cairan yang diberikan akan memungkinkan flora mampu menyerap nutrisi secara efisien. Efisiensi peresapan cairan pupuk akan berkembang80-90% dengan memakai tata cara ini. Tentu hal ini akan sungguh membantu kemajuan flora lebih maksimal.


Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Fertigasi


Cara Penyemaian Benih Cabe


Pilih benih yang bersertifikat dan terdaftar resmi dikementerian dan dinas pertanian. Beli benih dari seller atau pusat pemasaran benih tumbuhan yang terpercaya. Periksa dan pastikan tanggal kadaluwarsa masih belum terlewati. Benih yang berkualitas memiliki daya kecambah sebesar 80-95%.


Setelah benih siap, berikutnya masukkan benih kedalam air. Rendam benih selama semalam, kemudian ambil dan buang benih yang mengambang dan cuma gunakan benih cabe yang karam.


Isikan media tanam arang sekam ke dalam polybag, setelah itu masukkan benih ke dalam media. Jangan lupa sebelumnya siram media memakai pupuk dan air. Biasanya 2-3 hari lalu benih akan mulai berkecambah, lakukan pemeliharaan rutin seperti penyiraman dan pemupukan serta penyemprotan fungisida dosis rendah. Setelah 4 ahad atau 25-30 hari sesudah semai atau pada dikala daun tanaman sudah tumbuh 5-7 daun sejati, maka tumbuhan mampu dipindahkan ke media tanam hidroponik.


Persiapan Media Tanam Cabe Sistem Fertigasi


Siapkan polybag plastik hitam berskala besar kemudian isikan media tanam arang sekam ke dalam polybag. Selain arang sekam bisa juga gunakan media tanam lain mirip sabut kelapa atau Cocopeat, namun harganya relatif lebih mahal dibandingkan dengan arang sekam.


Isi media ke dalam polybag hingga sarat . Setelah itu, tata polybag-polybag yang telah terisi dalam bentuk barisan. Pilih lokasi peletakan polybag di ruang terbuka dan tanpa naungan.


Perlengkapan dan Sistem Instalasi Fertigasi


Perlengkapan dan perlengkapan tata cara fertigasi yang harus disiapkan diantaranya seperti kolam/tandon nutrisi, pipa-pipa, selang fertigasi, neple, stik fertigasi, timer dan pompa. Setelah media tanam dan instalasi fertigasi siap, maka tancapkan stik fertigasi pada setiap media tanam.


Penanaman Bibit Cabe Ke Media Fertigasi


Jika semua sudah siap, segera lakukan penanaman. Buatlah lubang tanam pada setiap polibag tanam dengan kedalaman diadaptasi dengan bagian akar bibit tumbuhan. Pilih bibit tumbuhan yang betul-betul sehat.


Selanjutnya, buka plastik polybag bibit dengan hati-hati, jangan sampai menghancurkan akar. Setelah itu, tanamkan bibit ke dalam media tanam dan tutup kembali lubang tanam sampai rapat. Setelah 3 hari flora akan mulai menunjukkan pertumbuhan dan berdaptasi dengan lingkungan.


Perawatan dan Pemeliharaan Cabe Fertigasi


Lakukan pengairan secara rutin setiap sepekan sekali. Pengairan ini dilakukan dengan cara mengalirkan air ke media tanam selama sehari, hanya gunakan air saja tanpa perhiasan pupuk atau larutan nutrisi apapun.


Nutrisi yang digunakan untuk flora cabe yakni nutrisi AB Mix khusus tanaman cabai. Untuk menerima takaran yang optimal maka tunjangan larutan nutrisi harus diberikan sesuai dengan dosis:

Pada permulaan tanam 750 PPM, pada umur 2 ahad setelah tanam 1000 PPM, pada umur 3 minggu setelah tanam 1500 PPM pada umur 4 ahad setelah tanam 2000 PPM dan pada kala generatif sampai panen 2500 PPM.


Pemberian larutan nutrisi dilaksanakan setiap hari setiap pagi hinggasore hari dengan intensitas setiap 6 kali dalam sehari. Set timer pompa semoga hidup setiap 6 kali denga timet selama 3 manit. Setelah malam harinya matikan pompa.


Lakukan pemasangan ajir bambu ketika tumbuhan berumur 1,5 bulan sesudah tanam. Hal ini bermaksud untuk menolong flora semoga tidak rebah dikala terkena angin.


Masa Panen Cabe Hidroponik


Tanaman cabai hidroponik dengan metode fertigasi mampu dipanen pada dikala flora berumur 85-90 HST. kriteria tumbuhan yang siap dipanen ialah buah telah berukuran optimal. Jika memanennya pada dikala buah berwarna hijau maka pastikan buah berwarna hijau gelap. Sedangkan jika dipanen pada ketika berwarna merah maka tentukan buah sebelum berwarna merah sempurna.


Demikian artikel pembahasan wacana”Cara Menanam Cabe Hidroponik Sistem Fertigasi Bagi Pemula Agar Cepat Berbuah“, semoga berfaedah dan jangan lupa ikuti postingan kami selanjutnya. Sampai jumpa



Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Cabe Hidroponik Metode Fertigasi Bagi Pemula Biar Cepat Berbuah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel