Inilah Teladan Usulan Permohonan Binatang Qurban | Hari Raya Idul Adha 1438 H 2017 M




PANITIA QURBAN IDUL ADHA 1438 H
MASJID AL-HIDAYAH MELIKAN
Alamat : Dusun Melikan, Desa Melikan, Kec. Rongkop, Gunungkidul HP. 081328633442

No.      : _____________________
Hal      : permohonan binatang qurban
Kepada Yth. __________________________
di
tempat


Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Puji syukur kami panjatkan kehadirat Yang Mahakuasa SWT yang telah melimpahkan nikmat dan karuniaNya kepada kita semua. Shalawat dan salam agar selalu tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW yang syafaatnya senantiasa kita nantikan di Yaumul Akhir.
Dengan ini kami panitia Qurban Idul Adha 1438 H Masjid Al-Hidayah Melikan mengajukan permohonan binatang qurban kepada Yth. Bapak/Ibu donatur. Adapun tawaran permohonan terlampir.
Besar keinginan kami Bapak/Ibu mengabulkan permohonan ini. Atas dukungan yang Bapak/Ibu berikan kami sampaikan terimakasih. Semoga Yang Mahakuasa SWT membalas amal kebaikan Bapak/Ibu sekalian.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Ketua
Fajarrudin, S.Pd.I.
Melikan,       Agustus 2017
Sekretaris
Yuliana
Mengetahui,
Takmir Masjid Al-Hidayah Melikan
Tugina

PROPOSAL
PERMOHONAN HEWAN QURBAN IDUL ADHA 1438 H
MASJID AL-HIDAYAH MELIKAN
A.   PENDAHULUAN
Assalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh
Hari Idul Adha ialah merupakan puncak dari ibadah haji. Hari ini dirayakan tidak hanya oleh umat muslim yang sedang menunaikan ibadah haji di tanah suci Makkah Al-Mukaromah, tetapi juga dirayakan dengan penuh suka cita oleh umat muslim di seluruh dunia. Hari raya ini disebut juga Hari Raya Qurban, dimana pada hari itu bagi setiap hamba-Nya yang bisa dianjurkan untuk menunaikan kewajibannya menyembelih binatang qurban.“Dan bagi tiap-tiap umat telah kami syari’atkan penyembelihan (Qurban), supaya mereka menyebut nama Yang Mahakuasa terhadap binatang ternak yang telah direzkikan Yang Mahakuasa kepada mereka, maka Tuhanmu ialah Tuhan Yang Maha Esa, lantaran itu berserah dirilah kau kepada-Nya. Dan berilah kabar bangga kepada orang-orang yang tunduk patuh (kepada Allah).”(QS. Al Hajj : 34)”Sesungguhnya Kami telah memperlihatkan kepadamu ni’mat yang banyak, maka dirikanlah sholat lantaran Tuhanmu dan ber-kurban-lah.” (QS. Al Kautsar : 1-2)
Dari dua surat di atas, secara eksklusif Yang Mahakuasa SWT memperlihatkan perintah agama (syari’at) di dalam kitab-Nya yang suci, bahwa kepada kita yang mengaku sebagai ummat-Nya diwajibkan untuk melakukan ibadah Penyembelihan Qurban. Sejalan dengan tujuannya, kewajiban ini akan jatuh kepada hamba-hamba-Nya yang telah dilimpahi rezki dan membagi rezki yang Yang Mahakuasa berikan dengan saudara-saudara lain yang kurang (dhuafa).
Ibadah Qurban yang diperintahkan kepada ummat Nabi Muhammad SAW ialah ibadah yang mengacu kepada sejarah qurbannya Nabi Ibrahim A.S. Perintah mengorbankan anak yang dicintainya, Nabi Ismail A.S. yang kemudian Yang Mahakuasa gantikan dengan seekor Gibas ialah salah satu bukti ketaatan Nabi Ibrahim A.S dalam menjalankan perintah Yang Mahakuasa SWT. Oleh lantaran itu, pelaksanaan ibadah qurban harus diniatkan dalam rangka taat dan menjalankan perintah Allah, sebagaimana ayat-ayat di atas.
Ibadah Qurban juga mempunyai keutamaan yaitu pengampunan dan keridhaan dari Yang Mahakuasa SWT. Amalan yang paling dicintai Yang Mahakuasa pada hari Raya Iedul Adha ialah binatang qurban. Rasulullah SAW bersabda:
“Tidak ada satu amalan yang paling dicintai Yang Mahakuasa dari bani Adam dikala hari raya Iedul Adha selain menyembelih binatang qurban. Sesungguhnya binatang qurban itu kelak pada hari simpulan zaman akan tiba beserta tanduk-tanduknya, bulu-bulunya dan kuku-kukunya. Dan bahwasanya sebelum darah qurban itu menyentuh tanah, ia (pahalanya) telah diterima di sisi Allah, maka beruntunglah kalian semua dengan (pahala) qurban itu.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majjah dan Hakim)
Dusun Melikan merupakan salah satu dusun yang keadaan ekonomi masyarakatnya rata-rata menengah ke bawah. Kesadaran masyarakat untuk berqurban masih rendah. Hal ini di sebabkan oleh kondisi ekonomi yang kurang bisa dan pemahaman agama Islam yang minim. Oleh lantaran itu kami mohon dukungan kepada Yth. Para donatur untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berqurban dan dalam rangka syiar agama Islam.
B.   TUJUAN KEGIATAN
1.    Meneladani Nabi Ibrahim As.
2.    Menumbuhkan kesadaran dan tugas serta ummat Islam dalam upaya membuatkan kecintaan kepada sesama, dalam perwujudan takwa kepada Allah.
3.    Memperkokoh jalinan silaturahim dalam upaya menopang ukhuwah islamiyah di antara pengurus yayasan Al-Adalah deangan masyarakat muslim.
C.   BENTUK KEGIATAN
1.    Mengumpulkan dana binatang qurban.
2.    Pelaksanaan Sholat Iedul Adha dan penyembelihan binatang qurban.
3.    Mendistribusikan daging qurban ke masyarakat.
4.    Pendokumentasian  hewan qurban dan pelaporan.
D.   WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN
Waktu       : Tanggal 15-18 Oktober 2017
Tempat     : Masjid Al-Hidayah, Dusun Melikan, Desa Melikan,
  Kec. Rongkop, Gunungkidul
E.   SUSUNAN PANITIA
Penasehat                 : Sumarno (Kepala Dusun)
                                       Tugina (Takmir Masjid)
Ketua                          : Fajarrudin, S.Pd.I.
Sekretaris                   : Yuliana
Bendahara                : Marni
F.    PENUTUP
Dengan penuh tulus tulus semata-mata hanya mengharapkan ridho dari Yang Mahakuasa SWT, kami mengajak Bapak/Ibu sekalian, kaum muslimin dan muslimat untuk mengambil kesempatan emas ini, yaitu momen Hari Raya Idul Adha, Hari Raya Qurban ini untuk menyisihkan sebagian dari rezki dan nikmat yang telah Yang Mahakuasa anugrahkan kepada kita untuk dibagikan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkannya di Dusun Melikan.
“Sungguh, tiada akhir bagi kebaikan kecuali hanya kebaikan pula, maka nikmat Tuhan kau yang manakah yang kau dustakan?” (QS. Ar-Rahman: 60-61)
Demikian tawaran ini kami buat dengan keinginan sanggup menggugah hati para donatur untuk menyisihkan sebagian infaqnya demi suksesnya acara ini.
Wassalaamu’alaikum wa Rahmatullaahi wa Barakaatuh
Ketua
Fajarrudin, S.Pd.I.
Melikan,       Agustus 2017
Sekretaris
Yuliana
Mengetahui,
Takmir Masjid Al-Hidayah Melikan

Belum ada Komentar untuk "Inilah Teladan Usulan Permohonan Binatang Qurban | Hari Raya Idul Adha 1438 H 2017 M"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel