Cara Menanam Da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Biar Cepat Berbunga Bagi Pemula

Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula – Melati (Jasminum) ialah tanaman bunga hias berupa tanaman perdu berbatang tegak dan hidup menahun. melati masuk dalam genus dari semak dan tumbuhan merambat dalam keluarga zaitun (Oleaceae). Melati terdiri sekitar 200 spesies tanaman orisinil kawasan tropis dan hanggat dari Eurasia, Australasia dan Oseania. Melati secara luas dibudidayakan sebab aroma khas yang dimilikinya. Terdapat sekitar 200 spesies melati yang ada. Bunga melati yang sering kita temui ialah warna biasa berwarna putih meski banyak warna yang yang lain. umumnya bunga melati dipakai untuk gabungan teh atau juga aksesoris pengantin dalam akad nikah.


Klasifikasi ilmiah Bunga Melati

Kingdom: Plantae

Divisi: Magnoliophyta

Kelas: Magnoliopsida

Ordo: Lamiales

Famili: Oleaceae

Genus: Jasminum


Manfaat bunga melati diantaranya adalah selaku bunga tabur, bahan industri minyak busuk, kosmetika, wewangian, farmasi, penghias rangkaian bunga dan materi gabungan atau pengharum teh, seperti teh melati.


Bunga dan daun dari beberapa spesies melati digunakan untuk meminimalkan atau menghentikan keluarnya susu ibu. Tapal daun dari berbagai macam melati dipakai untuk mengobati nanah dan sakit kulit. Daun ini juga digunakan sebagai obat kumur untuk mengobati seriawan dan pembengkakan gusi. Air rendaman bunga yang sudah menginap dipakai selaku penyegar untuk mencuci wajah.


Ekstrak akar berbagai macam melati dimanfaatkan selaku penurun demam. Rebusan akar melati atau rendaman bunganya digunakan untuk menangani radang peparu, bronkitis, dan juga asthma. Akar yang ditumbuk dijadikan tapal untuk menyembuhkan keseleo atau patah tulang. Tingtur (ekstrak dalam alkohol) akar J. sambac memiliki kegunaan kuat selaku penenang (sedativa), anestetik, dan penyembuh luka. Selain itu, beberapa macam melati juga ditanam selaku penghias taman.


Kali ini kita akan membicarakan ihwal cara menanam bunga melati mini dalam pot, berikut selengkapnya:


Cara Menanam Bunga Melati Mini Dalam Pot


Persiapan Pot dan Media Tanam Melati Mini


Siapkan beberapa kepingan genting atau kerikil bata dan masukkan ke dalam pot bunga yang disiapkan. Pastikan kepingan tersebut terletak di bagian paling dasar pot. Pecahan genting atau batu bata tersebut digunakan sebagai media penyerap air, sehingga saat tumbuhan disiram, air tidak akan menggenangi pot.


Karena bila pot tergenang air, maka akan terjadi pembusukan pada akar dan berakibat pada kematian bunga melati. Setelah menaruh potongan genting atau watu bata, rencanakan tanah selaku media tanam atau mampu dengan gabungan tanah subur, pupuk kendang atau pupuk kompos, dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.


Penanaman Melati Mini Dalam Pot


Jika pot dan media tanam siap, berikutnya kerjakan penanaman. Masukkan gabungan tanah sekitar sepertiga dari ukuran pot, tanamkan bibit bunga yang sudah berisi media tanam. Setelah dimasukkan, tambahkan media tanam sampai sekitar 2 cm dari bibir pot kemudian padatkan dengan cara ditekan perlahan dengan menggunakan ibu jari. Jika telah selesai, kerjakan penyiraman seperlunya saja jangan sampai tergenang.


Setelah itu, letakkan pot bunga melati mini pada kawasan yang teduh dan lembab tetapi tetap mendapatkan sinar matahari sampai bibit bunga melati mini muncul tunas-tunas daun gres. Jika sudah mulai berkembang daun, letakkan bunga melati mini diletakkan pada daerah yang mendapat sinar matahari cukup.


Disarankan untuk mengeluarkan pot bunga pada saat pagi hari di bawah cahaya alami matahari pagi agar bunga melati mini mampu berfotosintesis dengan baik dan berkembang wajar .


Cara Merawat Bunga Melati Mini


Lakukan penyiraman secara berkala sebanyak 2 kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari, seperlunya saja jangan sampai tergenang.


Agar nutrisi yang diharapkan tanaman bunga melati mini terpenuhi sehingga tanaman mampu berkembang dengan baik dan berbunga banyak, maka lakukan pemupukan sehabis tumbuhan melati mini berumur 2 minggu. Pupuk yang dapat dipakai mampu berbentukpupuk NPK dengan takaran 5 g/flora dan pemupukan ini dilaksanakan setiap sebulan sekali.


Setelah bunga melati mini berumur 1 bulan, pot mulai ditumbuhi rumput-rumput liar atau gulma maka kerjakan pembersihan gulma tersebut agar tidak mengusik perkembangan bunga melati mini dan nutrisi pupuk bisa terserap dengan optimal,


Agar tanaman melati mini cepat berbunga, maka kerjakan pemangkasan. Pemangkasan biasanya dilaksanakan pada isu terkini kemarau dan dijalankan pada batang atau cabang yang telah bau tanah dan tidak produktif lagi.


Lakukan pemangkasan bentuk dengan patokan cabang utama melati dibentuk setinggi 30 cm dan cabang yang menjulur, sebaiknya jangan dibiarkan memanjang. Selain itu, untuk menghasilkan bunga melati yang berskala besar kuncup bunga, dianjurkan untuk memotong semua kuncup bunga dan sisakan satu kuntum melati mini sebagai bunga utamanya.


Demikian artikel pembahasan perihal”Cara Menanam da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Agar Cepat Berbunga Bagi Pemula“,  biar berguna dan jangan lupa ikuti artikel kami selanjutnya. Sampai jumpa



Belum ada Komentar untuk "Cara Menanam Da Merawat Bunga Melati Mini Dalam Pot Biar Cepat Berbunga Bagi Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel